Sabtu, 30 November 2013

Tips Jitu Calon Pegawai Negeri Sipil



Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang merupakan tugas yang sangat mulia, tentu jika niatnya benar-benar ingin mengabdi kepada masyarakat. Walaupun banyak yang menggunjingnya tetapi tetap saja menjadi pilihan utama bagi para pencari kerja bahkan yang sudah bekerja mapan sekali pun.


Jika berminat menjadi CPNS pada tahun 2012 ini, berikut Tips dan kiat yang bisa anda jalankan, Semoga bermanfaat:


Pertama, Kita mesti luruskan niat dan tekad untuk menjadi pengabdi kepada masyarakat. Persiapan harus dilakukan karena biasanya ketika berniat melamar menjadi CPNS akan terdengar suara-suara miring dari orang-orang disekitar, yang menyebutkan bahwa CPNS sekarang sudah tidak bersih dan banyak yang berhasil masuk dengan cara menyuap.
Untuk itu, cara paling aman adalah jangan percaya omongan orang yang dapat menjatuhkan mental, karena berdasarkan fakta yang ada sudah banyak orang yang berhasil masuk CPNS dengan jujur tanpa mengeluarkan uang sepeserpun dengan kerja keras dan belajar sungguh-sungguh, tapi ada juga sebagian orang yang tertipu oleh calo-calo yang tidak bertanggung jawab hanya mengaku-ngaku bisa membuat lulus CPNS, tetapi hasilnya mengecewakan, yang satu ini tidak boleh ditiru.


Kedua, baca segala informasi mengenai pengumuman penerimaan CPNS yang dipilih dengan seksama, seperti formasi yang dibutuhkan, persyaratan yang harus dilengkapi, batas pengiriman berkas, waktu dan tempat ujian serta prosedur lain yang harus diikuti. Hal ini penting, karena jangan coba-coba melamar jika formasi yang dibutuhkan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, atau persyaratan yang tidak lengkap, karena sudah otomatis gugur pada saat seleksi berkas, jadi harus di cermati dari pada anda nantinya kecewa!.


Ketiga, Persiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan dengan sangat teliti dan dari jauh hari sebelum habis batas masa pendaftaran, seperti photo kopi ijazah, SKCK, Kartu Kuning, KTP, Surat Keterangan Sehat, pas photo dan lain sebagainya, supaya waktu tidak banyak tersita di tahap persiapan ini.


Keempat, Tips selanjutnya adalah banyak membaca dan berlatih soal, tidak perlu banyak menghapal, karena soal-soal tes CPNS tidaklah sesulit yang dibayangkan, banyak berlatih mengerjakan soal akan membantu untuk terbiasa mengerjakan soal tes yang sesungguhnya.
Materi soal meliputi Tes Pengetahuan Umum (TPU) yang berisikan materi Tata Negara, Sejarah, Bahasa, Kebijakan Pemerintah dan Perkembangan terbaru dunia, Tes Bakat Skolistik (TBS) berisikan materi kemampuan dasar di sekolah seperti Matematika Dasar, Logikan dan Penalaran, Sinonim dan Antonim, Analogi dan lain sebagainya dan Tes Skala kematangan (TSK) yang biasanya menyangkut sikap dan perilaku sehari-hari dan terakhir adalah Tes Kompetensi Bidang yang berisikan materi-materi kejuruan dari formasi yang dibutuhkan.
Semakin banyak membaca dan berlalatih mengerjakan soal maka semakin besar peluang untuk lolos, bahan-bahan yang dibutuhkan sudah banyak tersedia.


Kelima, Banyaklah berdo’a dan memohon dukungan do’a dari orang terdekat seperti orang tua, keluarga, istri, suami dan teman-teman dekat, agar cita-cita dan keinginan mulia ini terkabul.


Keenam, Persiapkanlah fisik dan peralatan yang dibutuhkan sebelum hari ujian dijalani, jagalah kondisi kesehatan, jangan sampai dihari pelaksanaan ujian sakit dan gagal mengikutinya, maka segala persiapan yang telah dilakukan sebelumnya menjadi sia-sia. Pastikan tempat pelaksanaan ujian sehari sebelumnya maksudnya memastikan atau meninjau lokasi ujian, supaya bisa datang tepat waktu sehingga konsentrasi tetap terjaga ketika mengisi soal-soal ujian. Saat pelaksanaan tes datang lebih awal, simak dengan baik informasi dan instruksi yang diberikan pengawas ujian, isilah data dengan lengkap kemudian kerjakan soal-soal dengan teliti dan seksama jawablah soal-soal yang dianggap mudah terlebih dahulu, karena berfikir lama untuk mengerjakan soal yang sulit akan banyak menghabiskan waktu. Cek kembali data dan jawaban, pastikan tidak ada data pribadi yang salah dan kolom jawaban yang masih kosong, sebelum menyerahkan kepada pengawas ujian.


Ketujuh, Pasrahkan semua hasilnya kepada yang Maha Kuasa, karena sepandai apapun kalau memang bukan rezeki maka tidak akan mungkin dapat digapai, kalaupun gagal jangan putus asa, masih ada kesempatan untuk tahun depan. Jika lulus, tetaplah rendah hati dan persiapkan tahap selanjutnya seperti tes wawancara, jika masih ada.


Jika sudah melewati ujian dan dinyatakan lulus maka CPNS sudah ditangan, tapi tetap siapkan mental selama satu tahun, CPNS hanya akan mendapat gaji 80%, dan wajib mengikuti diklat prajabatan, serta tes kesehatan, terakhir siap untuk di tempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Semoga tips dan kiat artikel kali ini berguna dan bermanfaat bagi yang berminat untuk menjadi pelayan masyarakat. Untuk tahun 2012, PNS segera di buka, siapkan diri anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar