Kamis, 31 Oktober 2013

7 minimarket terbesar di indonesia


Minimarke

 Minimarket adalah toko yang menjual segala macam barang dan makanan. Biasanya minimarket menerapkan sebuah sistem mesin kasir point of sale untuk penjualan nya, namun tidak selengkap dan sebesar sebuah supermarket. Berbeda dengan toko kelontong, minimarket menerapkan sistem swalayan, dimana pembeli mengambil sendiri barang yang ia butuhkan dari rak-rak minimarket dan membayarnya di meja mesin kasir. 


Dan inilah 7 minimarket yang paling mendominasi pasar Indonesia

1. Alfamart
Alfamart merupakan salah satu jaringan mimimarket yang tercepat pertumbuhannya di Indonesia. Berdiri pada 27 Juni 1999 oleh PT Alfa Mitramart Utama, dengan minimarket pertama beroperasi Karawaci, Tangerang, banten, Oktober 1999. Pada awal 2003, diambil alih oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang berafiliasi pada Carrefour (Perancis). Pada 2011 gerai Alfamart sudah mencapai sekitar 5.500 unit, tersebar di seluruh indonesia mulai dari kota-kota besar, kabupaten, sampai kecamatan. Tahun ini, siap megoperarasikan 900 gerai baru.
 
2. Indomaret
Indomaret merupakan pesaing terdekat Alfamart, dan berdiri setahun lebih awal, yaitu pada 1988. Pada akhir 2011, Indomart sudah mengoperasikan 6.003 gerai, dengan angka penjualan mencapai Rp 18 triliun. Tahun ini, jaringan minimarket yang dikelola oleh PT Indomarco Prismatama ini  menarketkan meenambah 1.000 gerai baru, dengan menggelontorkan investasi Rp 500 miliar. Jika rencana ini direalisasikan, penjualan Indomart diproyeksikan bakal terdongkrak menjadi Rp 23,04 triliun.
 
3. Alfamidi dan Alfa Express
Awalnya Alfamidi satu Group dengan pengelola Alfamart. Namun setelah saham pengelola Alfamart dijual ke Carrefour, pengelola Alfamidi yang sebagian sahamnya dimiliki  Group Sampoerna membentuk perusahaan baru bernama PT Midi Utama. Sejak 2007, Alfamidi pun sudah menunjukkan gelagat langkah agresifnya. Saat ini, gerainya sudah sekitar 250 unit.  Berbeda dengan minimarket lain, Alfamidi memiliki space yang lebih luas, dan menyediakan frozen food seperti daging segar serta sayuran dan buah yang lebih banyak. Alfamidi mempunya adik kandung bernama Alfa Express. Belakangan, PT Midi Utama juga menggandeng minimarker (jenis convenience store) dari Jepang, yaitu Lawson, dan siap mengoperasikan 50 gerai sampai akhir 2012 ini.
 
4. Seven Eleven
7-Eleven pertama kali didirikan pada tahun 1927 di Texas, Amerika Serikat. Sejak tahun 2005 kepemilikannya dipegang oleh Seven & I Holdings Co., sebuah perusahaan Jepang, sekarang tersebar lebih dari 26.000 gerai di 18 negara termasuk Indonesia. Di Indonesia 7-Eleven dikelola oleh PT Modern Putraindonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Modern Intrernasional. Saat ini 7-Eleven baru membuka cabang di Jakarta, Bandung, Semarang, 7-Eleven sangat populer terutama di Jakarta sudah ada dimana mana, bahkan kepopulerannya dapat mengalahkan Alfamart dan Indomaret tapi sebenarnya 7-eleven ini tidak tegolong minimarket melainkan lebih kepada toko kelontong (convienence centre), oleh karena itu pemerintah terus mengawasi toko kelontong ini agar tidak berubah menjadi minimarket karena izin 7-Eleven di indonesia adalah toko kelontong dan menurut undang-undang kepemilikan waralaba minimarket harus dari pihak lokal. Saat ini, 7-leven mengoperasikan 57 gerai, dan masih terus melakukan ekspansi.
 
5. Ceria Mart
Ceria Mart memang di promosikan sebagai second brand Indomaret. Pada awalnnya pembentukan Ceria Mart didasari atas teguran Komisi Pengawas Persaingan Usaha kepada PT Indomarco Prismatama (pengelola Indomaret) yang dianggap kurang memperhatikan prinsip keseimbangan sesuai demokrasi dalam menumbukan persaingan sehat antar pelaku usaha dan kepentingan umum dalam pengembangan usaha, itulah sebabnya PT Indomarco Prismatama membentuk Ceria Mart untuk mengantisipasi kalau-kalau Indomaret dihentikan.
Jangkauan Ceria Mart masih terbatas di sekitar Jabodetabek. Lokasinya tidak di tempat-tempat strategis yang utama, karena tempat tersebut di utamakan untuk Indomaret. Biasanya lokasi Ceria Mart  tidak terlalu banyak diketahui atau tidak dipinggir-pinggir jalan seperti Indomaret tapi agak masuk ke dalam gang-gang perumahan.
 
6. K-Circle
Tidak jauh berbeda dangan 7-eleven, K-Circle juga merupakan Toko kelontong. Berdiri pada 1951 di El Paso, Texas, Amerika Serikat. Jaringan Circle-K saat ini dimiliki dan dioperasikan oleh waralaba toko retail besar di Canada yaitu perusahaan Alimentation Couche-Tard. Circle-K juga menerapkan konsep conveinence centre, pembeli dari gerainya juga diperbolehkan untuk duduk di depan gerainya sambil menikmati barang belanjaannya. Sebelum munculnya 7-Eleven, Circle-K sangat populer dikalangan remaja dianggap lebih elit dari pada minimarket lainnya dan ada beberapa yang menjadi tempat berkumpulnya remaja pada waktu malam, tapi saat ini Circle-K mulai terdesak oleh 7-eleven.
Jaringan Circle-K masih terbatas di Jabotabek dan sekitarnya serta kota-kota besar di Indonesia, selain tempatnya yang OK barangnya juga berkualitas tinggi dan karyawannnya juga terlatih ada beberapa gerai yang melayani costumernya dengan bahasa inggris biasanya ini gerai di bali atau gerai yang dekat dengan lokasi tinggalnya para ekspatriat.

2 komentar:

  1. Ceria mart saya baru dengar om admin. Makasih yah admin

    http://webartikelinformasi.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. harus ada penyeimbang sebenernya dengan pengusaha lokal Minimarketrak

    BalasHapus