Jumat, 25 Oktober 2013

Ciri Khusus Pada Hewan Kelelawar

Ciri Khusus Pada Hewan Kelelawar - Pernahkah kalian melihat kelelawar terbang?, Kita jarang melihat kelelawar terbang pada Siang hari, karena hewan ini hidup pada Malam hari. Kelelawar merupakan Hewan Mamalia, yaitu hewan yang melahirkan dan menyusui anaknya. Hewan ini sangat unik, karena kemampuannya mencari makan pada malam hari. Ciri khusus apa yang dimiliki hewan Kelelawar?
Ciri Khusus Pada Hewan Kelelawar
(gambar) Sistem sonar pada kelelawar
Kelelawar banyak dijumpai di gua yang sangat gelap. Untuk dapat terbang dengan arah yang benar, Kelelawar menggunakan sistem sonar. Kelelawar mengeluarkan bunyi frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) sebanyak mungkin. Kemudian ia mendengarkan bunyi pantul tersebut dengan pendengarannya yang tajam. Dengan cara itu, Kelelawar dapat mengetahui benda - benda yang ada disekitarnya, sehingga Kelelawar dapat terbang pada saat keadaan gelap tanpa menabrak benda - benda disekitarnya. 
Ciri Khusus Pada Hewan Kelelawar
(gambar) Posisi kelelawar saat sedang tidur
Kemampuan Kelelawar mengetahui lingkungan sekitarnya dengan menggunakan sistem sonar dikenal dengan istilah ekolokasi. Ciri khusus lainnya pada Hewan Kelelawar adalah kemampuan terbangnya. Hewan mamalia ini dapat terbang karena memiliki selaput kulit yang terdapat diantara tulang lengannya. Dan ciri khusus lain yang dimiliki hewan ini yaitu posisi tidur pada siang hari dengan cara menggantung dan posisi badan yang terbalik.

Demikian postingan saya Ciri Khusus Pada Hewan Kelelawar

Sekian, Terima kasih

Semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar