Senin, 11 November 2013

8 Penyebab Kegagalan Blog Baru

Setiap blogger pasti menginginkan blognya sukses. Namun kenyataannya banyak blog baru bermunculan, tapi 2 - 3 bulan kemudian tenggelam entah kemana. Hilang dari peredaran.

Tentunya kita semua tidak menginginkan itu terjadi bukan? Dari pengamatan saya ada beberapa hal yang dapat membuat sebuah blog baru tidak mampu bertahan dan eksis dalam persaingan. Setidaknya saya mencatat ada 8 hal yang paling sering menjadi penyebabnya.

Inilah kedelapan hal tersebut:

1. Tidak melakukan promosi
Mungkin ada sebagian blogger yang menganggap begitu membuat blog dan mengisinya dengan konten yang bagus, begitu saja pembaca akan datang. Tidak! Meskipun Anda memiliki konten, materi dan tulisan terbaik sejagat raya, jika tidak Anda promosikan dengan baik, tidak akan ada yang membacanya. Jika Anda menginginkan blog Anda dibaca orang lain, maka Anda harus mendapatkan pengunjung dengan cara promosi blog Anda dengan baik.

2. Tidak ada sentuhan personal
Ini hal yang jarang dilakukan oleh blogger pemula. Blog adalah semacam jurnal pribadi, tempat Anda menyampaikan pendapat, pengalaman dan pengetahuan Anda secara pribadi. Sehebat apapun konten blog Anda, jika Anda tidak bersedia menceritakan siapa diri Anda, tidak akan tercipta suatu hubungan kuat antara Anda dengan pengunjung blog, sehingga dalam jangka panjang blog Anda pasti akan ditinggalkan. Mereka ingin mengetahui tentang Anda, dan mengapa Anda menulis blog. Mereka ingin mengetahui kehidupan Anda sehari-hari. Tentu saja, Anda tidak harus menceritakan setiap Anda berganti pacar, misalnya. Tapi minimal, beritahu pembaca, bahwa Anda ada.

3. Egosentris
Ini adalah kebalikan dari poin kedua di atas. Menutupi jati diri adalah sebuah kesalahan, begitupun juga sebaliknya, terlalu banyak menceritakan kehidupan pribadi yang tidak seharusnya. Orang mengunjungi blog Anda dengan tujuan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, bukan untuk menampung curahan hati Anda. 

4. Tidak memanfaatkan media sosial
Ini memang bukan suatu keharusan. Tapi, coba Anda pikirkan sekali lagi, di manakah pembaca blog Anda sekarang berada? Mereka ada di facebook, mereka ada di twitter, mereka ada di Google+. Mereka menginginkan Anda memiliki fan page, mereka menantikan Anda meng-update-nya. Mereka ingin melakukan kontak dengan Anda. Manfaatkanlah sosial media, karena mungkin saja itu satu-satunya cara mereka mengetahui ada posting terbaru di blog Anda.

5. Bekerja sendirian
Menjadi aktif dan ikut berpatisipasi di niche yang Anda pilih adalah sebuah keharusan untuk mencapai sukses dalam blogging. Dengan cara itu Anda akan dikenal dan diperhitungkan. Intinya adalah membangun reputasi. Blogger yang bekerja sendirian tidak akan banyak dikenal, dan itu artinya mereka tidak akan mencari Anda ketika membutuhkan sebuah jawaban. Satu hal yang perlu diingat: dalam blogging, tidak ada yang namanya pesaing, yang ada adalah kolega, rekan. Blogger yang sukses adalah mereka yang saling bekerja sama dan aktif dalam topik yang sama.

6. Kehilangan konsistensi
Ini paling banyak menyebabkan sebuah blog baru gagal. Anda bisa saja telah membangun blog selama 3 bulan pertama. Anda telah memiliki cukup banyak pembaca setia. Tapi kemudian, Anda kehilangan konsistensi. Anda tidak lagi menyajikan sesuatu yang baru. Anda keluar dari komitmen jadwal update blog yang telah Anda tetapkan. Satu hal perlu diingat: mereka membuka blog Anda adalah karena mereka tertarik dengan tulisan-tulisan Anda. Jika Anda berhenti menyajikan apa yang mereka cari, bisa dipastikan mereka akan meninggalkan Anda.

7. Berlebihan dalam monetisasi
Tidak ada yang salah dengan usaha mendapatkan uang dari blog. Tapi, itu juga tidak berarti Anda harus tenggelam dalam berbagai usaha mendatangkan uang. Seperti memenuhi blog dengan segalam macam iklan. Menulis posting berbayar terlalu sering. Selalu menawarkan produk-produk afiliasi dan sebagainya. Jika Anda tidak memberikan nilai apapun kecuali pendapat yang bagus terhadap suatu produk, Anda bisa saja dianggap nyepam, dan itu adalah pertanda Anda akan segera ditinggalkan oleh pembaca Anda. Anda butuh kepercayaan, butuh trust. "Jika saya tidak mempercayai Anda, saya tidak akan mengklik produk yang Anda tawarkan, maaf!"

8. Tidak menyajikan sesuatu yang unik
Alasan orang mengunjungi blog Anda adalah karena ingin mendengar pendapat berbeda dari Anda. Seorang copycat, tidak akan berhasil dalam jangka panjang. Tidak ada yang unik, sama dengan yang lain, tidak inspiratif, mejadi salah satu penyebab kegagalan terbesar sebuah blog baru. Be unique! Beranilah tampil beda. Sajikan sesuatu dari sudut pandang berbeda. Jika masih bingung, cukup mengingat satu hal: jangan jadi copasser!


Itulah 8 hal yang menjadi penyebab kegagalan banyak blog baru yang bisa saya sampaikan. Bagaimana menurut Anda? Anda memiliki hal lain untuk menambahkan daftar di atas? Saya menantikan sharingnya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar